Orientasi Anggota DPRD Masa Keanggotaan 2019-2024

  • Kategori: Berita
  • Diterbitkan pada Kamis, 14 November 2019 11:18
  • Dilihat: 244

Pada tanggal 12-15 November 2019 seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Trenggalek mengikuti kegiatan orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur bekerja dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Trenggalek serta kabupaten/kota lain.

Kegiatan Orientasi Bagi Anggota DPRD Provinsi Tahun 2019 dibuka oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, dihadiri oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Trenggalek, DPRD Kota Probolinggo, DPRD Kabupaten Magetan, DPRD Kabupaten Nganjuk, DPRD Kabupaten Gresik dan DPRD Kabupaten Mojokerto. Dihadiri pula petugas dari Kementerian Dalam Negeri yang bertugas melaksanakan monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan orientasi.

Kegiatan dilaksanakan pada empat lokasi di Kota Batu, yaitu Hotel Amartahills, Hotel Aston Inn, Hotel el Kartika Wijaya dan Hotel Alpines Kota Batu.

Pelaksanaan orientasi merupakan awal dari pelaksanaan tugas DPRD selama lima tahun kedepan. Berdasarkan aturan, orientasi anggota DPRD Provinsi dan kabupaten/kota diatur dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota.

Tujuan dari kegiatan orientasi ini yaitu, (1) Mengembangkan Tupoksi Anggota DPRD sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, (2) Meningkatkan semangat pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan (3) Meningkatkan pemahaman Ideologi Negara, konstitusi, semangat nasionalisme, dan wawasan kebangsaan.

 

Adapun materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diunduh pada tautan berikut